15 Mei 2024

Smartphone inipun memang menjadi salah satu produk sangat laris manis di Indonesia. Hal tersebut ternyata bukan tanpa alasan karena selain harganya yang terjangkau, ternyata hardware maupun fitur didalamnya tidak boleh diremehkan begitu saja. Bahkan sudah sangat cocok dijajarkan dengan deretan smartphone pendahulunya.

Cara Merekam Layar Melalui Realme

Screen recording atau merekam layar sendiri adalah salah satu fitur andalan dimana disematkan didalamnya ponsel asal negeri Tirai bamboo tersebut. Dengan keberadaan fiturnya itulah memungkinkan pengguna buat merekam berbagai macam aktivitas pada HP dengan mudah dan cepat tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Sama seperti dengan ponsel-ponsel lainnya, untuk melakukan perekaman layar melalui Realme sebenarnya terdapat 2 cara yakni tanpa aplikasi dan dengan aplikasi tambahan didalamnya. Tenang saja! Keduanya sendiri ternyata sama-sama menawarkan keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Sampai disini, anda pastinya sudah penasaran bukan bagaimanakah cara melakukan perekaman melalui ponsel satu ini? jangan khawatir! Langsung saja pilih salah satu cara dibawah ini dimana sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menggunakan Screen Recording Bawaan

Sebenarnya fitur perekam layar sendiri sudah disediakan secara langsung oleh Realme sehingga para penggunanya tidak perlu untuk mendownload aplikasi tambahan lainnya. Tentu saja dengan cara inilah, Anda tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan pada ponsel.

Adapun hasil rekaman dari fitur bawaan ini sendiri berupa video dengan format MP4 dan dapat diputar secara langsung melalui aplikasi pemutar video bawaan ataupun unduhan langsung. Sedangkan ukurannya sendiri memang berbeda-beda karena tergantungd engan durasi perekamannya.

Semakin lama proses perekamannya, jelas akan memakan banyak ruang bukan? untuk menggunakannya sendiri, anda diwajibkan mengaktifkan fitur satu ini terlebih dahulu. Ikuti panduan-panduan berikut ini.

  • Buka menu quick dimana berlokasi di notification bar dengan cara menyapu layar dari atas ke bawah. Di page inilah, anda akan menemukan beberapa pintasan pengaturan
  • Tetapi biasanya untuk menu screen recording memang belum disediakan secara langsung di awal.
  • Dengan kata lain, anda diharuskan memilih menu arrange icon terlebih dahulu dimana ditandai dengan 9 titik pada kanan atas
  • Disinilah, terdapat beberapa pilihan menu dimana dapat dimasukkan dan bisa langsung pilih quick menu dan cari screen recording dan pindahkan pada halaman utama dari quick menu
  • Tekan done buat menyimpn perubahannya.

Untuk menggunakan fitur ini sendiri ternyata juga tidaklah sulit dilakukan yakni dengan menekan fitur sreenrecording pada quick menu dari ponsel dan jangan lupa berikan izin. Layanan inipun akan langsung aktif dalam waktu 3 detik ditandai dengan adanya tombol melayang. Tekan kembali tombol yang melayang apabila proses perekamannya sudah selesai.

Melakukan Perekaman Dengan Suara Di Realme

Cara satu ini sendiri sebenarnya masih bersangkutan dengan proses recording dengan fitur bawaan di Realme. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena sebagai pengguna Realme, anda pasti sering merasa kesal ketika sudah merekam layar tetapi tidak ada suaranya bukan.

Untuk itulah Anda diharuskan mengaktifkan fitur perekaman suara terlebih dahulu agar hasilnya lebih optimal baik dengan audio internela ataupun eksternal. Caranya sangat mudah! langsung saja simak beberapa tips berikut ini.

  1. Buka menu quick menu terlebih dahulu pada notification bar. Swipe dari atas ke bawah
  2. Jika sudah muncul, klik fitur screen recording dan pilih settings atau pengaturan dimana terletak di bawah tombol dari rekam
  3. Apabila ingin memasukkan suara interneal ke dalam video, swipe ke kanan tombol dari rekam suara sistem.
  4. Namun apabila ingin memasukkan suara secara eksternal seperti melalui mic, maka langsung saja swipe ke kanan dari tombol rekamannya.

Bukan hanya memasukkan audio saja, pengguna pun juga bisa langsung melakukan sejumlah pengaturan lainnya dimana jauh lebih menarik. Sebenarnya, secara default, ponsel inipun sudah menawarkan perekaman hingga resolusi 720 HD.

Tetapi jika ingin mendapatkan kualitas lebih tinggi, maka pengguna juga dapat meningkatkan resolusinya pada fitur settings dimana berlokasi dibawah tombol rekam. Dengan begitu dijamin kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Baik tanpa ataupun dengan aplikasi tambahan, kedua cara tersebut menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih cara merekam layar HP Realme sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki.