Menggunakan Atap Panel Surya Diklaim Bisa Menghemat Listrik

10 Desember 2019 by Tidak ada Komentar

Apabila saat ini anda sedang mencari informasi tentang penghemat listrik untuk gedung maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan listrik memang sangat banyak. Memanfaatkan listrik tenaga surya memang menjadi solusi terbaik dalam menyuplai energi listrik yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan. Bahkan kalau sebuah gedung yang menggunakan sistem listrik tenaga surya maka mampu menghemat listrik sampai 30%.

Panel surya merupakan sebuah komponen yang bisa mengubah energi sinar matahari menjadi tenaga listrik. Proses perubahan ini menggunakan prinsip efek photovoltaic. Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik setiap hari. Sebelum digunakan daya listrik ini akan disimpan dulu di dalam baterai. Sistem panel ini akan terus berjalan walau sudah sore, malam hari, atau sedang turun hujan. Sehingga sistem panel surya sangat cocok untuk digunakan di sebuah gedung bertingkat. Ditambah lagi listrik konvensional setiap tahunnya terus mengalami kenaikan.

Maka tidak heran kalau kini sudah mulai banyak bangunan seperti gedung, dan industri yang memanfaatkan panel surya untuk mencukupi kebutuhan listrik. Ditambah lagi terdapat peraturan dari Menteri ESDM 49 pada tahun 2018 lalu yang isinya para pemilik gedung bisa memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi listrik.

Melihat peluang usaha tersebut kini juga sudah mulai banyak bermunculan perusahaan yang melakukan inovasi bisnis yaitu dengan menyediakan berbagai alat listrik hemat energi. Salah satu yang paling dicari orang adalah alat panel surya yang bisa dipasang di atap gedung. Ketika sebuah bangunan mau menggunakan alat ini maka bisa menghemat kebutuhan listrik hingga 30%.

Bagi anda yang belum tahu, untuk biaya pemasangan panel surya ini sekitar Rp 15 ribu per WP. Kita tahu 1 KWP sama dengan 10 meter. Nah, agar bisa menghasilkan 1 megawatt maka membutuhkan 1 hektar.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sistem panel surya yang bisa menghemat kebutuhan listrik gedung. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang sistem surya yang bisa menghasilkan listrik.