7 Desember 2022
Zakat Mal Secara Digital Sah atau Tidak

Sumber: https://islam.nu.or.id/zakat/tidak-bayar-zakat-sekian-tahun-karena-belum-tahu-kewajiban-1-jDsdv

Sekarang umat Islam sanggup membayar zakat fitrah & zakat harta benda tanpa wajib tiba ke lokasi pembayaran zakat pada masjid, musala atau lokasi-lokasi buat membayar zakat. Edaran surat berdasarkan Kementrian Agama (Kemenag) disarankan umat Islam membayar zakat secara online pada ketika pandemi.

Zakat Mal Secara Digital Sah atau Tidak
Sumber: https://islam.nu.or.id/zakat/tidak-bayar-zakat-sekian-tahun-karena-belum-tahu-kewajiban-1-jDsdv

Saat ini Baznas juga Dompet Dhuafa membuka pelayanan pembayaran zakat secara online. Zakat fitrah ditunaikan semenjak awal Ramadan & paling lambat dilakukan sebelum aplikasi salat Idul Fitri. Sedangkan penyalurannya pada mustahik (penerima zakat), paling lambat dilakukan sebelum berjalannya salat Idul Fitri.

Berikut ini cara membayar zakat secara online:

  1. Kunjungi https://donasi.dompetdhuafa.org/. 2. Ada opsi donasi di menu di halaman. 3. Kemudian pilih Zakat Fitrah/Zakat Mal.
  2. Hitung jumlah dana yang akan dikeluarkan zakatnya. Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No.7 Tahun 2021 tentang Ibu Kota Jabodetabek dan Sekitarnya, zakat fitrah dan fidia, nilai zakat fitrah telah ditetapkan sebesar Rp40.000 per orang. 4. Ucapkan niat zakat minimal dalam pikiran Anda. Persyaratan hukum untuk membayar zakat didasarkan pada niat. Jika Anda memiliki masalah dengan pengucapan bahasa Arab, Anda juga dapat menyimpan niat itu dalam bahasa Indonesia.
  3. Setelah selesai, dianjurkan untuk membaca doa untuk membayar zakat.
  4. Setelah menetapkan niat Anda untuk mentransfer dana Zakat, Anda akan membayar Zakat secara online dengan mentransfer dana ke rekening resmi lembaga pengelola zakat.
  5. Selain transfer bank, Dompet Dhuafa juga menerima pembayaran melalui pembayaran online dari berbagai dompet digital.

Layanan online memungkinkan Anda untuk memilih metode pembayaran pilihan Anda. Kirim konfirmasi transfer Zakat ke Dompet Dhuafa, untuk memastikan bahwa uang anda sudah berada di tangan yang benar.

Maka dari itu, anda harus konfirmasi transfer juga dengan cara mengirim data diri dan bukti transfer ke nomor WhatsApp 08111544488, atau bisa juga dengan telepon langsung ke CS Dompet Dhuafa yang ada di nomor 0217416050

Sekian ulasan tentang zakat mal secara online yang memang sedang dianjurkan oleh pemerintah untuk tetap berzakat selama pandemi, semoga bermanfaat!!