Tugas Malaikat Israfil Tidak Hanya Meniup Sangkakala

Iman kepada malaikat Allah memang harus senantiasa dijaga sebagai salah satu kewajiban setiap kaum muslim. Sejak masih kecil, tentunya Anda tidak asing dengan 10 nama malaikat beserta tugasnya.

Salah satu dari 10 nama malaikat itu adalah malaikat Israfil. Tugas dar malaikt Israfil ini adalah untuk meniup terompet sangkakala ketika hari kiamat esok tiba. Lantas, apa tugas lain dari malaikat Israfil ini selama menunggud datangnya hari kiamat?

Imam Abdur Rahim dalam kitanya yang berjudul Syarah Daqoiqul Akhbar menyampaikan dalam satu riwayatnya bahwa malaikat Israfil ini tidak hanya mengemban tugas untuk meniupkan terompet sangkakala saja.

Sahabat Abdullah bin Abbas ra pun berkata, bahwa “sesungguhnya malaikat Iisrafil ini memohon kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan tujuh langit. Dengan begitu, maka Allah akan mengabulkan permohonan itu dengan memberikan kekuatan tujuh bumi tersebut. Kemudian, Allah pun akan memberikan kekuatan angin, gunung, kekuatan yang berat, dan Allah pun akan memberikan kekuatan hewan buas.”

Artinya adalah bahwa tugas malaikat Israfil ini mengemban tugas dari Allah SWT tidak hanya sekedar untuk meniup terompet sangkakala saja, akan tetapi juga mengayomi makhluk sekaligus alam semesta sebagaimana yang sudah disebutkan diatas.

Tidak hanya itu, sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang paling taat, malaikat Israfil ini juga selalu menemani malaikat lain untuk bertasbih kepada Allah SWT. Ketaatan malaikat ini tidak perlu diragukan lagi, karena makhluk ini sangatlah berbeda dengan manusia yang mana diberikan kelebihan berup akal dan hawa nafsu.

Konon, ketaatan malaikat Israfil ini semakin menjadi ketika malaikat Israfil menyaksikan neraka jahanama sebanyak tiga kali dalam sehari semalam. Dasyatnya neraka inilah yang kemudian membuat malaikat Israfil ini sempat menangis di hadapan Allah SWT hingga pada akhirnya tangisannya ini dihentikan oleh Allah SWT.

Tangisan dari malaikat Israfil ini jika tidak dihentikan oleh Allah SWT akan mampu membasahi bumi seperti halnya banjir bandang yang terjadi ketika masa Nabi Nuh AS. Dalam berbagai cerita, juga dikatakan bahwa jika memang air laut dan seluruh air di bumi ini disatukan, maka hanyaakan mampu membasahi kepala dari malaikat Israfil saja.

Allah pun berfirman dalam Al- Qur’an,bahwa “maka berpalinglah kamu dari mereka. Dan ingatlah bahwa hari ketika seorang penyu yang merupakan malaikat yang menyerukan kepada sesuatu yang tidak menyenangkan di hari pembalasan nanti. Hal ini tertulis secara jelas di dalam QS Al- Qamar ayat 6.

Menurut tafsir dari Al- Mukhtashar, yang dimaksud dengan penyeru dalam ayat terebut adalah tugas malaikat Israfil, sementara sesuatu yang tidak menyenangkan tersebut adalah hal buruk yang belum pernah dilihat oleh manusia, yakni hari kiamat.

Tugas Malaikat Israfil Tidak Hanya Meniup Sangkakala