4 Februari 2023

Mempunyai sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas pada divisi HRD tentu merupakan hal penting bagi perusahaan. Untuk mewujudkannya, melakukan training HRD adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan.

Kualitas karyawan divisi HRD tentu juga menentukan pada hasil recruitment yang dilakukan. Apabila memang berkualitas, setiap recruitment dapat memperoleh talenta-talenta baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sekarang dan masa mendatang.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, terdapat beberapa jenis pelatihan yang dilakukan. Berikut adalah beberapa macam training yang wajib dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari karyawan divisi HRD kantor.

Jenis Training HRD untuk Perusahaan

Dalam melaksanakan training, tentu terdapat banyak sekali macam training yang bisa dilakukan. Namun, untuk mendapatkan hasil pelatihan yang maksimal, perusahan dapat memilih jenis training yang sesuai kebutuhan.

Berikut merupakan berbagai macam training bagi karyawan HRD yang wajib diberikan:

1. Training Team Work

Jenis pelatihan yang pertama adalah training terkait dengan kerja tim alias team work. Seperti diketahui, dalam perusahaan tentu seorang karyawan tidak akan melakukan pekerjaannya secara sendiri, melainkan bersama tim.

Pekerjaan secara tim tentu mempunyai mindset yang berbeda dengan mengerjakan sendiri. Oleh karena itu, melakukan pelatihan terkait kerja sama tim sangat penting bagi para karyawan HRD sebuah perusahaan.

Dengan memahami kerja sama tim, para staff dan karyawan HRD dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara tim. Hal tersebut tentu akan membuat tujuan dari perusahaan dapat menjadi lebih mudah tercapai ke depannya.

2. Training Skill

Melatih skill dari karyawan HRD merupakan salah satu hal utama yang terdapat pada acara training HRD. Hal ini dilakukan tujuannya tentu untuk melakukan peningkatan terhadap keterampilan para pegawai di divisi HRD perusahaan.

Untuk jenis keterampilan yang dilatih, biasanya akan dilihat dulu hal apa yang masih menjadi kekurangan. Hal tersebut dilakukan untuk membuat proses pelatihan yang dilaksanakan menjadi lebih efektif untuk peningkatan skill karyawan.

3. Training Lintas Fungsional

Pelatihan selanjutnya yang wajib dilakukan berikutnya adalah pelatihan tentang lintas fungsional. Training seperti ini nantinya dapat membuat setiap karyawan memahami kegiatan yang berbeda dari bidang yang belum begitu dikuasainya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan lebih luas kepada karyawan terkait divisi lain di perusahaan. Alhasil, pada saat kembali bekerja karyawan dapat lebih memahami tentang berbagai tugas setiap divisi yang ada di perusahaan.

4. Training Teknologi Perusahaan

Pada sebuah perusahaan biasanya terdapat berbagai macam teknologi yang diterapkan. Hal itu membuat para karyawannya harus selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada pada perusahaan.

Apabila karyawan kesulitan dalam menerima kemajuan teknologi tersebut tentu akan menjadi penghambat untuk perkembangan kantor. Oleh karena itu, pelatihan tentang penggunaan teknologi perusahaan sangat penting agar SDM dapat produktif dan inovatif.

Kurang lebih itulah beberapa jenis training HRD yang wajib untuk dihadirkan. Selain jenis pelatihan, perusahaan juga harus menggunakan jasa trainer berpengalaman dan terpercaya seperti di konsultanhrd.co.id.