4 Februari 2023

Membersihkan mobil harus dilakukan secara rutin agar mobil selalu bersih dan nyaman untuk digunakan. Dalam membersihkan mobil sebaiknya semua bagian harus dibersihkan salah satunya adalah plafon mobil.

Cara membersihkan plafon mobil terbilang mudah untuk dilakukan, tak perlu membawanya ke bengkel atau tempat cuci mobil. Bila Anda punya banyak waktu bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti tips dan langkah-langkah di bawah ini.

Penyebab Plafon Mobil Kotor

Setiap bagian dari mobil memiliki fungsinya masing-masing. Termasuk plafon mobil yang sering dianggap sepele namun memiliki fungsi penting.

Dengan adanya plafon mobil maka panas yang berasal dari luar akan ditahan oleh plafon mobil sehingga Anda tidak merasakan panas tersebut. Posisinya yang berada di atas membuat plafon mobil jarang mendapatkan perhatian.

Bahkan plafon mobil juga terkadang terlewatkan saat Anda membersihkan mobil. Padahal plafon mobil juga bisa menjadi kotor karena debu dan kotoran.

Meskipun plafon mobil jarang disentuh, namun debu dan kotoran tetap bisa menempel dan menjadikan plafon mobil kotor. Selain itu, plafon mobil juga berfungsi menyerap panas sehingga jika tidak dirawat dengan baik maka plafon mobil akan mengalami kerusakan dan tidak berfungsi dengan baik.

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Setelah mengetahui peranan penting plafon mobil, maka sangat dianjurkan untuk membersihkan plafon mobil Anda secara rutin. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan plafon mobil.

1. Membersihkan Plafon Mobil yang Berdebu

Cara membersihkan plafon mobil yang berdebu, Anda bisa menggunakan sikat. Sikatlah bagian plafon mobil tanpa menggunakan air.

Sebaiknya gunakan sikat yang lembut dan sikat secara perlahan. Pastikan juga sikat tersebut benar-benar kering. Pasalnya jika sikat yang Anda gunakan dalam keadaan basah maka akan membuat plafon menjadi semakin kotor dan debu menjadi semakin susah untuk dihilangkan.

2. Membersihkan Plafon Mobil yang Berjamur

Cara membersihkan plafon mobil yang berjamur berbeda dengan cara membersihkan plafon mobil yang berdebu. Untuk membersihkan plafon mobil yang berjamur, Anda perlu menyiapkan sikat gigi, cairan pembersih, dan lap kering.

Pertama, Anda bisa celupkan sikat ke cairan pembersih. Kemudian gosok plafon yang berjamur dengan sikat tersebut.

Cara menggosoknya adalah secara searah jika plafon menggunakan bahan beludru atau kain lembut. Namun, jika bahannya kulit atau fabric, maka Anda bisa menggunakan gerakan memutar. Gosok hingga plafon bersih dan jamur hilang.

3. Membersihkan Noda Ringan Pada Plafon Mobil

Terkadang plafon mobil juga bisa terkena noda ringan. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sikat yang lembab.

Sebaiknya, Anda menggunakan sikat gigi bekas yang memiliki bulu lembut dan gunakan sedikit detergen yang mengandung busa. Larutkan deterjen ke air tetapi jangan diaduk. Tunggu selama kurang lebih 3 menit supaya partikel deterjen bereaksi akan air.

Setelah itu, celupkan sikat ke larutan deterjen. Gosok bagian plafon yang kotor dengan gerakan ke atas dan bawah. Gosok perlahan hingga noda yang ada pada plafon mobil hilang.

4. Menghilangkan Noda Pekat Pada Plafon Mobil

Selain noda ringan, plafon mobil juga rentan terkena noda pekat. Cara membersihkan noda pekat tersebut pada plafon mobil adalah dengan menggunakan cairan fabric.

Anda perlu menyiapkan kain microfiber yang halus dan lembut, air bersih, cairan pembersih khusus plafon mobil atau fabric.

Anda bisa mulai membersihkannya dengan membasahi kain microfiber dengan air, kemudian peras hingga kering. Setelah itu, usapkan kain ke plafon dengan gerakan perlahan agar plafon tidak sobek.

Semprotkan cairan pembersih fabric ke kain, lalu gosok plafon dengan kain tersebut dengan perlahan. Fungsi cairan pembersih ini adalah untuk menghilangkan noda yang ada di plafon mobil, termasuk noda pekat sekalipun.

Cara Membersihkan Plafon Mobil Sesuai Materialnya

Dalam membersihkan plafon mobil, Anda juga sebaiknya perlu menyesuaikan dengan material dari plafon mobil. Karena masing-masing material plafon mobil menggunakan cara tersendiri untuk membersihkannya.

1. Cara Membersihkan Plafon Mobil dari Fabric

Jika plafon mobil Anda menggunakan plafon fabric maka Anda bisa menggunakan kain microfiber dan cairan pembersih fabric untuk membersihkannya.

Semprotkan cairan pembersih ini ke kain microfiber kemudian gosok ke bagian plafon mobil. Yang perlu Anda perhatikan ketika membersihkan plafon sebaiknya gunakan gerakan searah.

2. Cara Membersihkan Plafon Mobil dari Beludru

Cara membersihkan plafon mobil yang terbuat dari bahan beludru berbeda dengan membersihkan plafon mobil dari fabric. Hal ini dikarenakan beludru merupakan material yang sulit untuk dibersihkan. Perawatannya juga harus hati-hati karena beludru adalah material yang berlapis-lapis.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air, dan gosok dengan lap setengah basah. Jangan biarkan lapisan luar plafon menjadi lembab. Karena akan menimbulkan bau tak sedap dan menyebabkan tumbuhnya jamur.

Demikian informasi tentang cara membersihkan plafon mobil. Perhatikan penyebab plafon mobil kotor dan juga material yang digunakan. Karena ada cara membersihkan plafon mobil tersendiri untuk material yang berbeda. Namun bila Anda tak punya waktu untuk membersihkannya sendiri, Anda bisa bawa mobil Anda ke tempat cuci mobil terdekat.