7 Tips Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang Baik dan Bijak

Banyaknya masyarakat yang mulai meminta pengajuan pinjaman dana tunai merupakan salah satu potensi bisnis yang sangat baik khususnya di sektor keuangan dan bank. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak bank mulai menyediakan produk peminjaman di salah satu layanannya. Dari berbagai produk tersebut, kredit tanpa agunan atau KTA menjadi yang paling diminati oleh masyarakat.

Bahkan, beberapa tahun terakhir ini KTA begitu banyak dicari oleh masyarakat. Alasannya tentu karena syarat dan proses pengajuannya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Hal itulah yang membuat masyarakat berbondong-bondong mengajukannya. Mengingat banyak bank yang memiliki layanan KTA, Anda wajib tahu tentang cara memilih KTA yang bagus. Berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

Pastikan Pilih Layanan KTA Terbaik untuk Anda

Seiring dengan semakin majunya teknologi, layanan KTA tidak hanya dapat Anda akses langsung ke bank tetapi beberapa bank telah menyediakan layanan KTA secara online. Dengan begitu, nasabah tidak perlu repot untuk mendatangi kantor cabang terdekat untuk melakukan pengajuan.

Sistem layanan KTA online ini pastinya dapat menjadi lebih praktis dan mudah untuk dijangkau nasabah. Proses pengajuan dan persetujuannya juga dapat dilakukan dengan cepat. Cukup dengan mengakses situs resmi bank tersebut dan langsung saja mengajukan KTA. Bahkan beberapa bank sudah memiliki layanan cepat sehingga Anda dapat mengetahui hasilnya dalam waktu singkat.

Hal paling penting, pastikanlah sebelumnya bahwa pengajuan KTA ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan dapat membantu kondisi keuangan Anda.

7 Tips Mengajukan KTA yang Tepat

7 Tips Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang Baik dan Bijak

1. Pengajuan KTA harus Jelas dan Punya Tujuan

Sebelum mengajukan layanan ini, Anda wajib tahu ke mana dana dari KTA tersebut akan digunakan? Hal tersebut merupakan dasar yang penting untuk dipersiapkan sejak awal. Tujuannya tentu agar KTA dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Biasanya, pengajuan KTA dilakukan untuk mengatasi berbagai macam kondisi keuangan yang tergolong darurat. Namun, seperti halnya jenis produk hutan yang lain, Kredit Tanpa Agunan sudah semestinya diperuntukkan pada hal darurat dan produktif seperti biaya pendidikan, pengobatan, renovasi rumah, tambahan modal, dan lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah untuk mengajukan KTA untuk hal-hal yang bersifat tidak terlalu mendesak dan konsumtif seperti beli kendaraan baru, liburan ke luar negeri, membeli smartphone terbaru, dan berbagai macam hal lainnya yang tidak memiliki tujuan yang jelas.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Mengajukan KTA memang suatu hal yang dilakukan sebagai dana darurat ketika terjadi masalah keuangan darurat. Meski begitu, bukan berarti KTA dapat diajukan kapan saja. Anda tetap harus melihat terlebih dahulu kondisi keuangan yang ada saat ini.

Periksalah berbagai pos pengeluaran serta besaran utang yang ada saat ini. Hal tersebut bertujuan agar adanya KTA ini tidak memberikan beban keuangan yang di luar kemampuan Anda. Dengan mengajukan KTA, Anda harus siap untuk membayar cicilan setiap bulan. Hal itu tentu dapat menambah pos pengeluaran bulanan Anda.

Pada intinya, Anda harus memastikan terlebih dahulu jika kondisi keuangan saat ini mampu untuk mengatasi hutan baru. Jangan sampai adanya cicilan KTA setiap bulannya ini malah menjadi masalah baru di sektor keuangan Anda.

3. Pilih KTA dengan Keuntungan Lebih atau Berbunga Rendah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat ini hampir semua jenis bank mempunyai produk KTA sendiri. Pastinya hal tersebut membuat Anda pusing dalam memilih KTA yang cocok dan terbaik. Hal yang perlu diketahui di sini adalah setiap bank tersebut pasti memiliki KTA dengan kekurangan dan keunggulan masing-masing. Jadi, Anda harus bijak untuk memutuskan produk KTA tersebut.

Dalam memilih produk KTA yang pas untuk Anda, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti besar bunga, biaya, syarat pengajuan, waktu proses pengajuan, penalti, dan lain sebagainya. Apabila terdapat hal terkait KTA yang belum jelas, jangan pernah malu dan ragu untuk bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan produk KTA.

4. Bandingkan Beberapa Produk KTA

Untuk mendapatkan produk KTA yang terbaik, mau tidak mau Anda harus membandingkan antara satu produk KTA dengan produk lainnya yang sejenis. Dengan begitu, Anda dapat melihat dengan detail dan teliti tentang produk yang akan Anda pilih.

Beberapa jenis bank mungkin memberikan pengajuan dengan proses yang mudah, namun beban biaya yang harus Anda tanggung juga bisa lebih besar. Untuk itu, sebaiknya Anda mempelajari berbagai syarat dan ketentuan dari berbagai macam KTA tersebut khususnya dalam hal administrasi dan bunga. Bandingkan berbagai macam produk KTA tersebut sampai Anda temukan yang terbaik dan cocok dengan Anda.

5. Pilih Jangka Waktu yang Sesuai Kebutuhan

Cara selanjutnya untuk mendapatkan produk KTA yang tepat adalah dengan memperhatikan jangka waktu pembayaran atau tenor pembayaran. Sebaiknya Anda menyesuaikan besaran cicilan KTA yang diambil dengan kemampuan finansial yang Anda miliki saat ini.

Waktu tenor yang pendek tentu membuat jumlah cicilan yang harus dibayar tiap bulannya menjadi besar. Sementara untuk waktu tenor yang terlalu panjang, besar cicilan yang harus dibayar tiap bulan memang lebih kecil tetapi besar biaya bunga utang yang harus dibayar akan menjadi lebih besar. Pahamilah hal tersebut dengan baik kemudian pilih tenor pembayaran sesuai dengan kemampuan Anda.

6. Lakukan Simulasi KTA

Untuk menambah keyakinan terhadap kondisi keuangan Anda, sebaiknya dilakukan simulasi sebelum mengajukan kredit tanpa agunan ke pihak bank. Apabila Anda tidak terlalu mengerti tentang simulasi tersebut, mintalah kepada pihak bank untuk melakukan hal tersebut.

Dengan melakukan simulasi tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas terkait dengan KTA yang diajukan. Selain itu, simulasi juga dapat memberi kemudahan dalam mengukur kemampuan finansial Anda dalam hal pengelolaan hutang di masa depan. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kondisi gagal bayar.

7. Gunakan Dana KTA dengan Baik dan Bijak

Jika setelah melakukan pertimbangan yang matang dan Anda telah mantap dan yakin pada pilihan Anda, maka langsung saja segera ajukan KTA tersebut. Lengkapi semua persyaratan dan ikuti alur dan proses pengajuan dengan baik sampai selesai.

Setelah dana KTA cair, pastikanlah dana tersebut digunakan dengan cara yang bijak dan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan begitu, pengajuan KTA yang diperoleh dapat bermanfaat untuk membantu kondisi finansial Anda yang sedang mengalami masalah. Selain itu, lakukanlah pembayaran cicilan dengan tertib dan disiplin agar Anda memiliki rekam jejak bank yang bersih.
Tips Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang Baik dan Bijak

Rekomendasi Layanan KTA Terbaik

Saat ini sudah ada banyak sekali layanan KTA yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi, salah satu yang paling direkomendasikan adalah Finpedia. Finpedia adalah tempat di mana Anda bisa mengajukan berbagai produk finansial seperti KTA, pinjaman online, dan juga kartu kredit dari berbagai bank. Perusahaan ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya.

Beberapa keunggulan Finpedia antara lain prosesnya yang cepat dan tidak terlalu memakan waktu, produk keuangan lengkap dan bervariasi, layanan customer service yang memuaskan, dan juga sudah terdaftar sebagai anggota AFTECH. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website resminya di www.finpedia.id.

Itulah tadi beberapa tips dan cara untuk memilih pinjaman KTA yang baik dan tepat untuk kebutuhan Anda. Mengajukan KTA merupakan solusi tepat untuk mengatasi kondisi keuangan di saat darurat. Namun ingat, tetap lakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat. Dengan begitu, dana yang diterima dapat bermanfaat untuk membantu kondisi keuangan yang sedang terpuruk.

7 Tips Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang Baik dan Bijak
Ditag di: