Intip Kekurangan Gadai BPKB Mobil Perorangan

Ketika Anda akan mengambil pinjaman ada banyak tempat yang bisa dipilih. Misalnya saja dengan memilih tempat di perbankan yang aman, koperasi, pegadaian, dan juga di perorangan. Anda bisa memilih dan memperhatikan berbagai keuntungan dan kekurangan tempat tersebut sehingga akan bisa mendapatkan tempat terbaik. Misalnya saja bagi Anda yang ingin gadai BPKB mobil perorangan bisa untuk memilih tempat yang ditawarkan oleh perorangan. Mulai dari mengambil pinjaman di teman, keluarga, ataupun tempat gadai perorangan. Dimana untuk beberapa kekurangan yang dipunyai dari tempat gadai tersebut adalah sebagai berikut ini:

Intip Kekurangan Gadai BPKB Mobil Perorangan

1. Tidak aman

Hal pertama yang menjadi kekurangan ketika memilih tempat gadai mobil di perorangan adalah keamanan yang tidak terjamin. Tempat ini tentunya tidak diawasi oleh OJK, sehingga hal ini membuat lebih mudah untuk melakukan penyalahgunaan. Tempat ini mempunyai ketidakamanan dari berbagai hal. Mulai dari data yang Anda serahkan yang bisa disalahgunakan dan juga keamanan karena tidak mempunyai pengawas yang tidak bisa menjadi monitor dan mengatur kerjanya. Sehingga tempat ini merupakan tempat yang tidak aman untuk dipilih bagi Anda yang akan mengambil pinjaman, terutama ketika mempunyai jaminan seperti surat mobil.

2. Bunga besar

Kekurangan selanjutnya mengapa Anda bisa untuk berpikir kembali ketika akan memilih pinjaman di perorangan adalah bunganya yang besar. Dibandingkan dengan tempat pinjaman yang aman seperti di perbankan, koperasi, hingga pegadaian. Tempat pinjaman perorangan akan mempunyai dan menawarkan bunga yang besar. Sehingga hal ini akan membuat nasabahnya menjadi kesusahan ketika akan membayar pinjaman. Akan tetapi karena tidak mempunyai pilihan lain seperti karena mobil mempunyai masalah sehingga tidak bisa lolos syarat pinjaman di tempat yang aman dan juga membutuhkan pinjaman segera, maka pada umumnya banyak yang memilih pinjaman yang satu ini. Padahal konsekuensinya adalah nantinya Anda akan dibebankan dengan bunga lebih tinggi dibandingkan tempat pinjaman lainnya.

3. Plafon tidak besar

Keuntungan ketika Anda mengambil pinjaman ini adalah akan menawarkan pinjaman yang cepat cair. Akan tetapi kekurangannya adalah mendapatkan plafon yang tidak besar. Hal tersebut termasuk ketika Anda akan memberikan jaminan BPKB yang seharusnya mendapatkan plafon yang cukup besar. Akan tetapi ketika Anda memilih pinjaman di tempat ini, maka kekurangannya adalah akan mendapatkan plafon yang tidak besar. Sehingga hal tersebut akan membuat Anda mendapatkan pinjaman yang tidak terlalu besar dan tidak cocok bagi yang membutuhkan pinjaman dengan jumlah besar.

4. Tidak ada aturan dan transparansi

Kekurangan terakhir mengapa bisa memilih dan mempertimbangkan lagi ketika akan memilih tempat pinjaman perorangan adalah karena tidak ada aturan dan transparansi yang jelas. Sehingga nantinya hal ini akan membuat kreditur lebih sewenang-wenang untuk menetapkan aturan. Oleh karena itulah Anda bisa berpikir kembali untuk memilih tempat pinjaman yang kurang aman ini.

Anda bisa untuk memperhatikan untuk memilih tempat gadai BPKB mobil perorangan atau tempat lainnya yang lebih aman. Misalnya untuk mengambil pinjaman di keluarga yang akan memberikan keamanan. Akan tetapi penting juga ketika mengambil pinjaman di perorangan adalah membuat perjanjian tertulis, sehingga akan melindungi kedua belah pihak. Perjanjian tersebut akan mengatur kreditur dan debitur untuk mempunyai fleksibilitas tetapi juga bertanggung jawab akan tanggung jawabnya masing-masing. Akan tetapi apabila Anda masih ragu untuk mengambil pinjaman di perorangan, maka bisa memilih tempat pinjaman yang lebih aman seperti perbankan hingga pegadaian.