Berbagai Olahan Pisang yang Enak

Pisang banyak sekali terdapat di Indonesia. Oleh karena itu olahan dari pisang banyak sekali. Ada yang dijadikan keripik atau juga kue. Nah pisang sendiri mengandung banyak vitamin. Kandung magnesium di dalamnya juga berguna untuk tubuh. Jadi jangan ragu makan olahan pisang. Bahkan pisang di salah satu propinsi dijadikan oleh-oleh yang melegenda. Untuk itu anda jika ingin memulai usaha bisa mulai dari olahan pisang. Nah, sebagai referensinya, berikut berbagai olahan pisang yang enak.

1. Keripik Pisang Original

Pisang memang di propinsi Lampung dijadikan keripik. Keripik ini ternyata juga jadi cemilan yang diekspor bahkan. Nah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Bahan yang dibutuhkan pisang mentah apa saja. Anda bisa memilih pisang ambon mentah. Siapkan minyak goreng dan juga parutan pisang yang memanjang. Siapkan royco atau Masako ayam dan garam.

Sekarang kita buka dahulu kulit pisangnya dan kemudian diparut memanjang dengan parutan tersebut. Setelah itu minyak goreng banyak di wajan siapkan. Langsung goreng dahulu pisangnya sebelumnya mengupas dan memarut lainnya. Jika tidak langsung di goreng, hasil keripik pisangnya akan hitam. Setelah digoreng semuanya, taruh di wadah besar dan beri royco ayam. Beri garam juga sedikit saja dan dikocok lagi.

2. Keripik Pisang Karamel

Sajian lainnya dari keripik pisang adalah dengan caramel. Berbeda dari sebelumnya, keripik pisang yang ini memiliki rasa yang manis. Siapkan pisang ambon mentah dan minyak goreng. Jangan lupa siapkan parutan pisang memanjang. Sekarang siapkan gula pasir dan mentega.

Kita buat dahulu keripiknya seperti di atas dengan mengupas dahulu dan memarutnya memanjang. Langsung digoreng dan baru olah pisang lainnya. Jika sudah digoreng semuanya, sisihkan dahulu. Sekarang siapkan wajan, masukkan mentega 1 sendok makan dan gula pasir 5 sendok makan. Lelehkan semuanya. Jika sudah masukkan ke keripik pisang yang tadi sudah digoreng.

3. Kolak Pisang

Olahan pisang yang kali ini pastinya anda sudah ada yang sering makan. Apalagi di bulan puasa, kolak pisak menjamur. Bahan yang diperlukan pisang panjang atau ambon. Kemudian siapkan gula merah 3 buah, santan kelapa 1 bungkus, daun pandan. Sejumput garam juga siapkan.

Pisangnya diiris sedang dahulu. Setelah itu siapkan panci berisi air. Masukkan gula merahnya dan kemudian daun pandannya. Aduk rata dan masukkan pisangnya. Terakhir anda tamabahkan santan kelapanya dan sejumput garam.

4. Pisang Goreng Kipas

Pernahkan anda melihat pisang goreng yang berbentuk kipas? Jikan anda penasaran bagaimana membuatnya. Anda bisa buat sendiri di rumah. Siapkan pisang ambon. Kemudian tepung terigu, gula dan garam. Minyak goreng jangan lupa siapkan.

Olahan pisang goreng kipas ini ada di Teknik mengukir pisangnya. Jadi ambil pisangnya dan kemudian pisau. Setelah itu ukir pisangnya dengan membelahnya di bagian atas hingga ke tengah saja. Kemudian tarik perlahan membentuk kipas. Siapkan tepung terigu di baskom dan beri air. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata dan kemudian pisangnya dicelupkan di adonan tepungnya. Goreng hingga pisangnya matang dan sajikan.

Olahan pisang di atas bisa anda kreasikan lagi dengan bahan lainnya. Seperti kolak pisang bisa anda tambahkan bahan lainnya seperti kolang kaling atau ubi jalar. Kemudian anda bisa mengganti gula dengan bron sugar untuk Kesehatan. Selamat membuat olahan pisang!

Berbagai Olahan Pisang yang Enak