Cara Menghilangkan Ketombe di Rambut Secara Alami

Rambut berketombe udah pasti nggak enak banget, udah gatel, nanti jadi lepek, terus keliatannya kotor karena ketombenya bertebaran gitu. Penggunaan produk perawatan rambut emang bisa membantu, tapi bisa juga menambah. Cara menghilangkan ketombe dengan cepat merupakan salah satu cara yang paling aman. Terutama bahan yang digunakan juga nggak mengandung bahan kimia. Yang penting hanyalah sabar dan telaten, pasti berhasil.

Rambut yang sehat adalah dambaan setiap orang, yaps, karena jadi dambaan banyak orang sehingga ada masalah dikit aja pasti jadi nggak nyaman. Masalah pada rambut bisa terjadi karena salah perawatan dan perlakuan yang nggak baik, misal hair styling dan pewarnaan. Akibatnya juga macem-macem, bisa kering, bercabang, rambut memerah, rontok, dan yang terakhir berketombe.

Salah satu masalah kulit kepala yang sering dialami oleh setiap orang adalah ketombe. Ketombe sendiri merupakan kulit kepala mati dan mengering dan akhirnya terkelupas. Keberadaan ketombe membuat seseorang tidak percaya diri, karena akan sering terkelupas dan mengotori baju.

Sebelum mengetahui cara mengatasi ketombe kita perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab dari ketombe. Penyebab dari ketombe bisa saja karena jarang keramas atau jarang mencuci rambut kepala secara rutin. Tetapi ternyata terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan kulit kepala terkena ketombe. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui waktu paling tepat untuk keramas rambut kepala.

Ketombe juga sering terjadi kepada seseorang yang memiliki kulit kepala kering, oleh sebab itu andaharus tahu jenis rambut kepala apa yang anda miliki.

Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe di Rambut Secara Alami

Nah di bawah ini, mimin bakal memberikan beberapa tips seputar ramuan untuk mencegah dan mengatasi ketombe yang bandel. Penggunaan bisa dilakukan beberapa kali sampai hasilnya terlihat, ingat, jangan malas, ya, girls, karena hasil tergantung dari usaha kamu sendiri. Semakin rajin, maka hasilnya juga makin cepat keliatan, dan nggak perlu khawatir, pengobatan alami ini nggak memunculkan efek samping penggunaan jangka panjang.

Menghilangkan ketombe di rambut secara alami dengan bahan di bawah ini.

1. Lemon

Lemon memiliki rasa asam yang cukup tinggi, sehingga mampu mengikis ketombe hingga bener-bener bersih. Fungsi lemon mampu menjaga pH rambut sekaligus menghilangkan jamur penyebab ketombe. Cara penggunaannya juga gampang banget guys, tinggal ambil air perasan dari sebuah lemon, campur dengan segelas air, basuhkan ke rambut terutama di bagian kulit kepala, diamkan sejenak sampai terasa bersih, lalu bilas, baru gunakan shampo.

2. Aloe vera

Tanaman ini emang udah terkenal khasiatnya untuk kulit dan wajah, termasuk kulit kepala girls. Menghilangkan ketombe di rambut secara alami bisa dengan tanaman ini juga, dengan cara ambil dagingnya, lalu usapkan secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala, diamkan seperempat jam, lalu bilas dengan air bersih.

3. Cuka

Cuka sama-sama memiliki rasa asam yang membantu mengatur pH di kulit kepala. Sekaligus mencegah datangnya jamur penyebab ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, air cuka secukupnya dibalurkan ke rambut yang basah, diamkan sekitar setengah jam lalu bilas dengan keramas lagi.

4. Daun pandan

Biasanya dipakai buat penambah rasa pada makanan, sekarang dipakai untuk membasmi ketombe. Ternyata menghilangkan ketombe di rambut secara alami dengan daun pandan gampang banget, ambil sekitar 5-10 lembar daun pandan, lumat halus, seduh air hangat, oleskan ke kulit kepala sambil dipijat lembut, dan bilas pakai air dingin.

5. Yogurt

Makanan ini selain enak juga punya segudang nutrisi, apalagi buat kamu yang mau diet, psst. Ternyata selain untuk diet, yogurt bisa jadi obat ketombe girls. Gunakan plain yogurt atau yogurt tawar sebanyak 2 sendok makan aja, diamkan semalaman, baru gunakan ke kulit kepala sampai pangkalnya sampai rata, diamkan satu jam dan bilas.

6. Gunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya di dalamnya mengandung kalsium, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, B1 dan C, fosfor, dan masih banyak lagi lainnya. Selain mampu menghilangkan ketombe lidah buaya juga bisa membuat rambut semakin berkilau, mampu menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok dan masih banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan.

Adapun cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe sangat mudah dilakukan, pertama haluskan daging lidah buaya secukupnya saja, oleskan secara merata ke permukaan kulit kepala anda, pijat-pijat agar dagingnya meresap, biarkan saja hingga 30 menit selanjutnya bilas dengan air yang bersih.

7. Jeruk Nipis

Selain digunakan untuk bahan masak dan kecantikan ternyata jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Di dalam jeruk nipis terkandung vitamin B1, B2, B3, B5, protein, kalsium, karbohidrat, seng, gula, fosfor, magnesium dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menggunakan jeruk nipis maka rambut anda akan teratasi dari ketombe yang membandel.

Cara penggunaan jeruk nipis juga sangat mudah dilakukan, pertama peras buah jeruk nipis, campurkan air jeruk nipis dengan air putih secukupnya, oleskan ke area rambut kepala dan biarkan hingga meresap, selanjutnya bilas dengan menggunakan air yang bersih.

8. Minyak Kemiri

Minyak kemiri dikenal sebagai minyak penyubur rambut, namun minyak kemiri juga bisa dijadikan salah satu obat untuk menyembuhkan ketombe. Adapun cara menyembuhkan ketombe menggunakan minyak kemiri bisa dilakukan dengan cara diolesi sebelum keramas. Biarkan saja hingga 30 menit kemudian baru bilas atau keramas sampai bersih.

Selain bahan-bahan di atas anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti minyak almond, cuka, baking soda, bawang merah, garam dan bahan lainnya. Lakukan secara rutin setiap hari hingga ketombe yang ada di rambut hilang. Dengan menghilangkan ketombe menggunakan cara-cara di atas maka rambut anda akan terhindar dari ketombe dengan aman tanpa efek samping berbahaya. Yups, tips menghilangkan ketombe di rambut secara alami ini bisa kamu terapkan di rumah dengan biaya yang nggak sebanyak treatment obat kimia atau salon, selamat mencoba.