Perkembangan Bayi 1 Bulan Rangkaian Panjang 1 Tahun Pertama Kehidupan

5 Januari 2020 by Tidak ada Komentar

Perkembangan si buah hati selalu menarik untuk diikuti, maka dari itu usahakan untuk selalu mendampingi agar tumbuh kembangnya optimal. Perkembangan bayi 1 bulan merupakan tahapan yang sayang dilewatkan karena tahap ini merupakan awal dari rangkaian panjang menuju 1 tahun pertama tumbuh kembang bayi. Apa saja yang harus dilakukan para orang tua?

Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua saat Bayi Berusia 1 Bulan

1. Melakukan proses bonding

Saat memasuki usia 1 bulan, kemampuan penglihatan bayi sudah mulai berkembang walaupun pandangannya masih terbatas hanya sejarak 1 meter. Namun, hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi ibu untuk menjalin ikatan dengan buah hati. Oleh sebab itu, saat menyusui usahakan sedekat mungkin agar bayi dapat melihat sang ibu dengan jelas.

2. Memulai komunikasi

Semenjak bayi berusia 28 minggu di dalam kandungan, indera pendengarannya memang sudah berfungsi sehingga dapat mendengar suara-suara dari luar. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila saat memasuki usia 1 bulan, bayi sudah pandai merespons suara yang didengarnya. Agar semakin berkembang, maka sering-seringlah mengajak bayi ngobrol atau menyanyikan lagu lembut dan riang untuknya.

3. Memijat bayi

Selain melakukan kontak mata, cara lain untuk menguatkan ikatan antara orang tua dengan bayi adalah dengan memijatnya. Sentuhan lembut saat memijat badan bayi akan memberikan energi positif untuk bayi. Dia akan merasa nyaman dan bahagia sehingga tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Selain itu, pijatan juga akan membantu menstimulasi perkembangan otot bayi.

4. Selalu bersikap tenang

Perlu diketahui bahwa bayi umur 1 bulan sudah mengalami perkembangan emosi dan sosial ditandai dengan tangisan yang keluar ketika bayi merasa tidak nyaman. Saat terjadi hal tersebut, maka jangan mengabaikannya terlalu lama apalagi meneriakinya. Bersikaplah selalu tenang, dan rawatlah bayi dengan lembut sehingga emosi positif tersebut dapat membuat bayi selalu nyaman.

Sebenarnya, perkembangan bayi bergantung pada masa kehamilan. Oleh sebab itu, selama hamil kesehatan fisik dan mental ibu harus dijaga dengan baik sehingga tidak mempengaruhi kondisi si bayi. Selanjutnya, saat bayi sudah lahir usahakan untuk selalu melingkupinya dengan penuh kasih sayang dan segala hal yang positif sehingga tumbuh kembang bayi terjamin.