Dampak Sampah Plastik yang Sering Tidak Disadari Oleh Masyarakat

Penggunaan plastik di lingkungan masyarakat seakan memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Padahal sebenarnya ada berbagai macam dampak sampah plastik yang jarang disadari oleh masyarakat. Padahal seperti yang sudah kita ketahui apabila pencemaran yang disebabkan oleh plastik menjadi permasalahan yang serius yang harus dihadapi oleh masyarakat

Perlu anda ketahui juga apabila dampak dari sampah plastik ini tidak hanya berdampak pada lingkungan saja tetapi juga pada kehidupan keluarga anda. Lantas bagaimana bisa sampah plastik tersebut bisa mendatangkan segudang masalah pada lingkungan serta mampu mempengaruh kehidupan dari keluarga anda? Untuk memahami hal tersebut, anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada dibawah ini.

Mengapa sampah plastik bisa mengganggu lingkungan

Bagaimana sampah plastik memberikan dampak buruk terhadap lingkungan? Salah satunya adalah dengan adanya pembakaran sampah plastik tersebut. Ternyata bukan hanya biota laut saja yang mendapatkan dampak sampah plastik ini ternyata juga manusia ikut mendapatkan dampak tersebut. Hal ini mengingat karena sampah plastik menjadi sampah yang sulit untuk anda urai.

Untuk itulah sejumlah cara dilakukan untuk bisa memusnahkan sampah plastik tersebut. Salah satu caranya adalah bisa dilakukan dengan membakarnya. Perlu anda ketahui apabila asap dari pembakaran sampah plastik tersebut mempunyai kandungan berupa zat dioksin. Apabila zat ini sampai dihirup oleh manusia maka bisa mengganggu sistem pencernaan, meningkatkan adanya risiko terkena kanker hingga adanya pembengkakan hati.

Dampak sampah plastik yang sering tidak disadari oleh masyarakat

Untuk memahami apa saja dampak sampah plastik, berikut ini beberapa dampak dari sampah plastik yang perlu anda ketahui

1. Biota laut bisa mengkonsumsi sampah dan nantinya akan dikonsumsi oleh manusia

Seharusnya kasus diaman paus memakan sampah hingga seberat 8 kg sudah menyadarkan anda apabila keberadaan sampah plastik ternyata mampu mencemari laut karena tidak bisa terurai dengan baik. bahkan kemungkinan besar sampah tersebut juga akan dikonsumsi oleh biota-biota yang terdapat di laut.

Kondisi ini tentu semakin miris bukan? Mengingat anda juga tidak pernah tahu apakah ikan yang anda konsumsi tersebut juga mengandung sampah plastik ataukah tidak. Mengkonsumsi ikan laut yang ternyata sudah terkontaminasi dengan berbagai macam bahan kimia ternyata bisa berpotensi bisa meningkatkan adanya risiko masalah hormonal, sistem reproduksi dan masalah pada ginjal.

2. Bisa mengkontaminasi ASI

Jika anda lihat sekilas mungkin terdengar sangat tidak mungkin apabila sampah plastik tersebut bisa mengkontaminasi ASI bukan? Tetapi ternyata hal ini diakibatkan karena seorang ibu yang mengkonsumsi ikan yang sudah terkontaminasi oleh bahan kimia dari plastik. Tentu saja ini akan mempengaruhi bagaimana kualitas dari ASI bukan?

Asi yang sudah terkontaminasi tersebut tentu akan mempengaruhi bagaimana tingkat kesehatan bayi anda bukan? Salah satu masalah yang terjadi adalah bayi anda bisa terkena diare

3. Merusak bagaimana kualitas air di tanah

Dampak sampah plastik yang berikutnya adalah bisa merusak kualitas air tanah. Seperti yang sudah kita ketahui apabila sampah plastik memang bisa terurai tetapi butuh waktu hingga ratusan tahun. Lamanya proses penguraian itulah membuat kualitas tanah air bisa semakin buruk.

Hasilnya air yang berasal dari tanah tersebut menjadi tidak higienis dan layak minum karena diakibatkan oleh adanya sampah plastik tersebut. Dengan mengkonsumsi air yang tidak berkualitas inilah bisa mempengaruhi kesehatan tubuh anda

Demikian beberapa dampak sampah plastik yang cukup berbahaya bukan? Untuk itulah agar lingkungan semakin tidak tercemar maka diperlukan pengurangan penggunaan sampah plastik.