4 Februari 2023

Jika mendengar kata akuntansi mungkin anda akan langsung berpikir mengenai kegiatan transaksi keuangan. Tapi sebenarnya apa definisi akuntansi yang benar? Bagi yang merupakan orang awam dalam keilmuan akuntansi tentunya akan penasaran mengenai definisi atau pengertian akuntansi.

Nah, mengetahui secara pasti tentang definisi dari akuntansi, maka tak ada salahnya untuk simak ulasan singkat berikut ini yang akan menjelaskan seputar pengertian akuntansi termasuk dari para ahli.

Definisi Akuntansi Dari Berbagai Ahli

Akuntansi menjadi salah satu bidang ilmu yang membahas seputar kegiatan transaksi keuangan dalam perusahaan, organisasi, dan bahkan untuk ilmu ini juga digunakan untuk bisnis kecil sekalipun. Dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering menggunakan ilmu akuntansi. Tapi sebenarnya apa definisi akuntansi?

Untuk mengetahui akutansi secara pasti dan dengan tepat maka tentunya anda harus tahu definisi atau pengertian akuntansi dari berbagai ahli  akuntansi. Berikut ini adalah beberapa definisi dari berbagai ahli terkait akuntansi.

Donald E. Kieso, dkk menjelaskan jika akuntansi terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan mencatat, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan yang dilakukan oleh organisasi yang ditujukan kepada seluruh pihak berkepentingan dan pihak yang berkaitan serta pihak-pihak yang membutuhkan.

Selanjutnya menurut ahli akuntansi, Paul Gradi mendefinisikan jika akuntansi adalah fungsi organisasi yang secara sistematis, terpercaya, dan original dalam kegiatan mencatat, mengklasifikasi, kemudian memproses, membuat ikhtiar, menganalisis, serta melakukan interpretasi dari seluruh transaksi, kejadian, kemudian karakter keuangan yang mana hal tersebut terjadi dalam operasional perusahaan sebagai bentuk dari pertanggungjawaban.

Selanjutnya dari ahli berikutnya yaitu Sunyanto menjelaskan jika akuntansi adalah suatu tahap proses melakukan kegiatan pengumpulan, pengidentifikasian, lalu pencatatan, penggolongan, peringkasan dan kegiatan pengajian laporan dari transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya untuk mengambil keputusan nantinya.

Itulah beberapa pengertian akuntansi dari berbagai ahli. Nah, apakah sekarang anda sudah mengerti tentang akuntansi? Anda pun dapat menyimpulkan sendiri definisi dari akuntansi menurut diri sendiri yang bersumber dari berbagai ahli akuntansi yang ada.

Jenis-jenis Akuntansi

Setelah mengetahui tentang definisi dari akuntansi, maka tak ada salahnya untuk mengetahui tentang jenis-jenis dari akuntansi. Langsung saja berikut ini adalah jenis-jenis dari akuntansi.

  • Akuntansi keuangan yang secara khusus mempelajari tentang kegiatan transaksi keuangan seperti kegiatan transaksi keuangan hutang, modal, dan perubahan aset dalam perusahaan.
  • Akuntansi manajemen yang merupakan bidang akuntansi dengan fungsi dalam memberikan data yang real kepada pihak internal perusahaan yang digunakan untuk menentukan kewajiban perusahaan nantinya.
  • Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mendapatkan cara efesiensi dalam biaya produksi dan juga biaya lainnya.
  • Akuntansi perpajakan yang berkaitan dengan urusan perpajakan, dalam hal ini adalah untuk meminimalisasi pajak yang akan dibayarkan oleh perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.
  • Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi dengan fungsi pemeriksaan dari laporan pencatatan akuntansi atau laporan terkait keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen dengan tidak adanya tekanan dari pihak manapun.
  • Akuntansi pendidikan adalah bidang akuntansi yang nantinya akan diarahkan untuk khusus untuk pendidikan, seperti fungsi menjadi pengajar akuntansi, peneliti, dan berbagai pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran akuntansi.

Itu dia beberapa jenis-jenis akuntansi, sebanarnya masih banyak jenis akuntansi lainnya, seperti akuntansi anggaran, akuntansi pemerintah, dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar definisi akuntansi dan informasi lainnya yang berkaitan dengan jenis akuntansi. Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa langsung saja kunjungi GuruAkuntansi.co.id.