10 Agustus 2022

Ketika suatu perusahaan mulai berkembang, jumlah karyawan juga akan semakin bertambah. Apabila ruangan kantor sudah tidak memadai, maka pindah lokasi kantor menjadi solusinya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan ketika hendak pindah lokasi kantor adalah jasa angkut barang seperti pada laman berikut ini: https://crownworkspace.com/id/id/services/manajemen-proyek-pemindahan/. Sebab, pindah lokasi kantor tidak semudah pindah rumah. Ada banyak peralatan-peralatan penting yang harus dibawa, seperti komputer, printer, dan lain sebagainya. Agar perencanaan lebih matang, berikut adalah check list atau daftar yang harus disiapkan perusahaan:

  1. Periksa properti dan fasilitas di gedung baru. Ketika memilih gedung kantor baru, terkadang beberapa pengelola sudah menyiapkan properti yang diperlukan. Contohnya kursi, meja, dan rak buku. Namun, ada juga pengelola yang hanya menyiapkan ruangan kosong tanpa properti apapun. Selain properti, fasilitas seperti toilet, pendingin ruangan, lift atau tangga, tempat ibadah serta fasilitas penting lainnya juga harus ditanyakan kepada pengelola gedung agar tidak ada keluhan ketika sudah pindah. Bandingkan dengan beberapa pilihan gedung dan pilihlah sesuai budget perusahaan dengan fasilitas dan properti yang dibutuhkan.
  2. Dokumentasikan properti. Saat pindah kantor, tentu akan banyak sekali barang-barang yang perlu dipindahkan. Apabila lokasi barang tidak didokumentasikan, kemungkinan Anda akan lupa lokasi barang-barang tersebut. Dokumentasi tidak hanya dalam bentuk gambar, tapi juga catatan tentang barang-barang tersebut. Dengan begitu, tidak akan ada barang yang terlupakan atau hilang. Jika ada yang terlupakan, akan menghambat pekerjaan karyawan. Contohnya, kabel PC tidak terbawa atau hilang. Sehingga PC tidak bisa dinyalakan. Karyawan pun tidak bisa bekerja.
  3. Buat jadwal pindahan yang efektif. Pindah kantor tidak seperti pindah rumah. Beberapa hal harus dipertimbangkan. Salah satunya yaitu jadwal pindahan. Anda tidak bisa asal memilih waktu karena akan berdampak pada operasional perusahaan. Ada baiknya, bagi jadwal kapan harus packing dan kapan barang harus diangkut ke gedung baru. Serta pastikan bukan saat jadwal tersibuk perusahaan. Jadwal renovasi kantor baru dan jadwal mengurus izin serta lisensi juga harus diperhatikan. Jangan sampai semua jadwal tersebut berhimpitan.
  4. Mencari jasa pindahan yang profesional. Apabila Anda tidak ingin memakan banyak waktu dan tenaga untuk pindahan, Anda dapat menghubungi pihak jasa pindahan yang profesional untuk membantu meringankan pekerjaan Anda. Anda tidak perlu memusingkan kendaraan untuk mengangkut barang-barang perusahaan. Selain jasa pindahan, perusahaan juga harus menyewa jasa untuk membersihkan kantor lama setelah pindahan.

Pindahan kantor bukan hanya sekedar memindahkan barang dari gedung lama ke gedung baru, tapi juga perlu persiapan yang matang. Anda dapat dengan mudah menemukan jasa-jasa terkait yang dapat membantu perusahaan ketika pindahan. Perusahaan juga perlu melakukan hal-hal seperti yang sudah disebutkan di atas agar pindahan menjadi lebih efektif. Semoga bermanfaat!