10 Agustus 2022

Seperti sudah diketahui, tampilan interface dari Realme UI memang mampu menghadirkan keunikan tersendiri pada perangkat seluler tersebut. Namun, sama seperti dengan kebanyakan ponsel android, anda mungkin juga harus melakukan reset HP Realme karena sistem didalamnya mengalami masalah seperti bootloop.

Bahkan bisa dibilang masalah tersebut mungkin akan muncul secara tiba-tiba sehingga akan membuat pengguna merasa kesal. Tidak sedikit pula, masalah tersebut tidak dapat diselesaikan hanya dengan melakuka restart atau muat ulang saja. Sebab satu-satunya solusi yakni user harus melakukan hard reset terlebih dahulu.

Cara Masuk ke Recovery Mode

Untuk melakukan reset pada perangkat Realme sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara sekaligus. Salah satunya adalah bisa melalui menu recovery mode. Menu ini sebenarnya sudah disematkan didalam setiap perangkat android, hanya saja letaknya tersembunyi dan hanya dapat diakses dengan menggunakan cara tertentu.

Didalam recovery mode inilah, pengguna bakal menemukan beberapa fungsi yang dapat digunakan buat memperbaiki sistem operasi seperti install from storage, wipe data, reboot, online update dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, kehadirannya juga bisa menjadi solusi apabila pengguna tidak dapat mengakses menu utama didalamnya.

Nah, untuk masuk ke menu ini didalam Realme ternyata juga sangat mudah lho. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan HP dalam kondisi mati dan jika belum tekan tombol power selama beberapa detik
  2. Tekan secara bersamaan volume bawah dan power hingga memunculkan kode Realme
  3. Anda akan langsung diarahkan ke dalam menu recovery mode
  4. Pilihlah Bahasa English dan gunakan power buat memilih atau volume untuk gulir atas dan bawah
  5. Nantinya terdapat beberapa menu yang bisa dipilih seperti install from storage, wipe data, power off hingga reboot
  6. Karena disini akan melakukan hard reset, maka pilih wipe data dan ikuti proses berikutnya sesuai dengan instruksi.

Ketika sistem pada ponsel sudah mengalami masalah, tentu akan langsung membuat anda kesal bukan terutama jika tidak bisa mengakses menu didalamnya. Itulah sebabnya, reset HP Realme tanpa ribet bisa menjadi solusi paling recommended.