Inilah Tahapan-tahapan dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris umumnya sudah mulai dilakukan sejak menginjak sekolah dasar. Namun sayangnya meskipun sudah belajar hingga bertahun-tahun dari sekolah dasar hingga sekolah menengah akhir, banyak diantara kita yang belum juga mahir dalam berbahasa Inggris. Baik dalam aspek writing, reading, speaking, maupun listening. Hal ini lantaran belajar dalam kelas dengan jumlah murid yang banyak terkadang kurang intensif untuk pelajaran bahasa asing yang satu ini. Perhatian guru pun juga kurang optimal mengingat banyaknya murid dalam satu kelas.

Karena alasan inilah, beberapa orang ada yang akhirnya memutuskan untuk mengikuti les atau kursus agar lebih intensif mendalami materi. Sehingga diharapkan akan lebih menguasai pelajaran bahasa Inggris, baik untuk writing, reading, speaking, maupun listening. Nah, saat mengikuti kursus biasanya peserta akan dihadapkan dengan pilihan tingkatan bahasa Inggris yang harus diikuti. Peserta didik sebelum mengikuti kelas sesuai tingkatannya, umumnya diminta untuk mengikuti test terlebih dahulu untuk mengetahui level kemampuannya. Sehingga nantinya bisa masuk ke kelas yang sesuai dengan kemampuannya yang perlu dibenahi. Seperti di English First (EF) salah satu contohnya yang juga menyediakan test gratis pada calon peserta didiknya untuk mengetahui level kemampuannya. Test ini bisa dilakukan saat mengunjungi EF atau bisa juga secara online.

Nah, bagi yang belum mengetahui, ada 3 tingkatan tempat les Bahasa Inggris, diantaranya yaitu:

1. Tingkat pemula (beginner).
Ini adalah tingkatan yang ditujukan bagi mereka yang belum pernah belajar bahasa Inggris sama sekali. Sehingga harus memulainya dari dasar atau dari nol. Pada tingkatan ini akan diberikan gambaran dari bahasa Inggris dan pembekalan pengetahuan dasar.

2. Tingkat menengah (intermediate).
Tingkat ini ditujukan bagi mereka yang dapat memahami bahasa Inggris secara lisan, namun untuk berkomunikasi secara efektif dengan penutur asli di kehidupan nyata sehari-hari masih mengalami kesulitan.

3. Tingkat mahir (advanced).
Tingkatan ini tepat bagi mereka yang menggunakan bahasa Inggris di tingkat yang sama dengan bahasa rusia, namun terkadang masih memungkinkan terjadi bug minor.