Tak Ada Alasan Tidak Berinvestasi Setelah Membaca Ini

Investasi merupakan cara terbaik untuk mempertahankan uang dan menggandakannya. Sayangnya, investasi masih jarang diajarkan orang tua atau guru terhadap anak didik mereka. Padahal, di masa mendatang, investasi bisa menyelamatkan dari kemiskinan dan sikap berfoya-foya. Jika Anda sedang mencari instrumen investasi yang tepat, Anda bisa memperhatikan beberapa cara investasi berikut ini.

Cara Berinvestasi Paling Mudah


1. Reksadana
Investasi bentuk reksadana adalah investasi termudah yang bisa dilakukan. Anda bisa berinvestasi dalam jumlah yang sangat terjangkau, bahkan dengan Rp5.000,00 pun bisa. Reksadana merupakan investasi jangka panjang. Jadi, sangat baik jika investasi ini dilakukan sejak usia muda sehingga di hari tua Anda hanya perlu memanen hasilnya saja.

2. Saham
Saham merupakan investasi yang mirip dengan reksadana. Yang membedakan hanyalah tanpa ada perantara. Pada investasi saham, Anda langsung memberi beberapa persen saham dari sebuah perusahaan. Investasi ini mungkin sedikit berisiko. Namun, risiko tersebut bisa dihindari dengan cara mempelajari aktivitas perusahaan dan melihat prospek ke depannya.

3. Emas
Investasi emas merupakan investasi yang sudah dilakukan sejak dahulu. Orang-orang membeli beberapa gram emas dan menyimpannya. Beberapa tahun kemudian, harga emas akan naik dan ketika dijual akan mendapat untung berkali-kali lipat. Jika Anda takut untuk menyimpan emas sendiri, Anda bisa memanfaatkan fitur tabungan emas di pegadaian.

4. Barang antik
Barang konsumtif seperti smartphone adalah barang yang nilainya akan semakin turun seiring waktu berjalan. Di sisi lain, barang antik justru akan bertambah nilainya. Jika Anda memiliki barang-barang yang tergolong langka atau kuno, Anda bisa menyimpannya baik-baik. Benda itu merupakan aset yang sangat berharga di kemudian hari karena harganya akan melambung tinggi ketika semakin langka.

5. Blog
Investasi terakhir adalah investasi berbentuk tulisan. Anda dapat menulis blog untuk mendapatkan penghasilan pasif, yakni penghasilan yang Anda dapatkan meskipun Anda tidak bekerja. Namun, untuk mencapai fase itu, Anda harus rajin menulis di blog secara rutin. Ketika sudah memiliki jumlah konten yang cukup, blog bisa Anda daftarkan ke Adsense dan mendapatkan penghasilan.

Selain dari adsense, jika konten dalam blog Anda bagus, Anda akan mendapat beberapa tawaran endorsement dan mendapat imbalan yang lumayan. Jika konten yang Anda tulis adalah catatan pribadi Anda, ada kemungkinan tulisan tersebut bisa dijadikan sebuah buku dan akan menambah penghasilan pasif lewat royalti buku.

Kelima instrumen investasi di atas adalah yang paling mudah untuk dilakukan sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak segera berinvestasi. Investasi merupakan program jangka panjang yang hasilnya baru bisa dinikmati setelah berpuluh-puluh tahun. Oleh karena itu, investasi harus segera dilakukan ketika usia 15-30 tahun agar di hari tua dapat menikmati hasilnya. Jika bisa konsisten, investasi akan membawa Anda ke fase kebebasan finansial.