Alami Kelebihan Berat Saat Hamil, Intip Tips Diet yang Aman untuk Ibu Hamil Ini!

Mengalami kenaikan berat badan saat hamil sudah menjadi hal yang wajar. Terlebih lagi seorang ibu yang sedang hamil akan makan lebih banyak dari porsi biasanya karena juga perlu memenuhi kebutuhan dari janinnya disamping kebutuhan asupannya sendiri.

Tapi ternyata, kenaikan berat badan yang drastis bukanlah menjadi berita yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Karenanya, haruslah dilakukan diet sehat ibu hamil untuk tetap menjaga kondisinya tetap stabil.

Alasan dilakukannya diet sehat ibu hamil

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, kenaikan berat badan secara drastis sangatlah berbahaya bagi kondisi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Dari sisi ibu, akan lebih mudah terserang berbagai penyakit seperti hipertensi maupun diabetes.

Sedangkan dari sisi janin, perkembangannya menjadi tidak optimal karena plasentanya terhambat oleh lemak yang ada sehingga asupan oksigen yang dibutuhkan tidak bisa terpenuhi dengan maksimal.

Lalu, diet sehat ibu hamil seperti apa yang cocok juga aman untuk diterapkan? Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak ulasan di bawah ini.

1. Selalu Melakukan Sarapan di Pagi Hari
Melakukan diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Hal ini merupakan hal yang tidak dibenarkan saat diet.

Justru dengan menghindari sarapan, Kita akan mengonsumsi makan siang dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Pun akan memunculkan nafsu ngemil yang tidak terkendali.

Bukan hanya itu, tidak sarapan di pagi hari akan membuat kepala ibu hamil menjadi pening juga mudah merasakan mual.

Karenanya, sarapan sangatlah penting kehadirannya. Asupan yang dikonsumsi saat sarapan pun harus yang kaya akan nutrisi agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan bisa terpenuhi dengan baik.

2. Makanan yang Kaya akan Serat
Makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar sistem pencernaan yang ada. Tidak heran jika mengonsumsi makanan tinggi serat sangat direkomendasikan menjadi salah satu menu wajib untuk diet sehat ibu hamil.

Makanan dengan kandungan tinggi serat ini bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Utamakan untuk mengolahnya dengan cara direbus daripada digoreng.

Hal ini dilakukan untuk menghindarkan lemak jahat yang bisa meningkatkan berat badan.

Juga hindari makanan yang memiliki rasa manis. Karena makanan manis akan menyebabkan Kita menjadi mudah lapar. Alhasil, berat badan akan meningkat.

3. Minum Air Putih dalam Jumlah yang Cukup
Tidak bisa dipungkiri, mengonsumsi air putih secara rutin dalam jumlah yang cukup akan meningkatkan sistem metabolisme yang ada.

Juga dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Tentu saja diet sehat ibu hamil di atas harus diimbangi dengan olahraga ringan secara teratur dan perhatikan dengan benar kandungan asupan yang akan dikonsumsi.