10 Agustus 2022

Setiap orang tentu selalu berpikir tentang masa depan yang lebih baik, salah satu caranya dengan berinvestasi sekalipun dana darurat yang ada masih terbatas. Ada banyak alasan mengapa setiap orang harus segera mulai investasi. Pertama, keamanannya terjamin dan juga halal karena semua kesepakatan pembagian hasil dan segala macamnya sudah lengkap dan terbuka sejak awal sehingga semua dijamin transparan dan menghindari adanya kecurangan. Kemudian bebas dari riba karena riba merupakan sesuatu yang dilarang dalam Islam sehingga tidak boleh diterapkan pada bank syariah. Alasan selanjutnya adalah risiko kerugian kecil karena perhitungan investasi berdasarkan kekeluargaan sehingga jauh dari riba. Setelah tahu alasan-alasan harus mulai investasi di bank syariah, selanjutya akan dibahas keuntungan untuk nasabah saat menggunakan layanan pendanaan syariah yang ada saat ini.

Sesuai prinsip ekonomi Islam

Prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam sudah diterapkan oleh bank syariah misalnya larangan adanya bunga pada setiap transaksi. Kemudian tidak ada mudharat karena akad yang dilakukan sesuai syariah. Dengan semua prinsip tersebut, maka setiap nasabah dapat terhindar dari semua yang haram.

Mendapatkan legalitas dari BI, OJK, dan juga MUI

Bank syariah sudah resmi memperoleh legalitas dari BI sebagai bank sentral, OJK sebagai lembaga penjamin, dan MUI sebagai Majelis Ulama yang erat kaitannya dengan syariah. Dengan legalitas dari semua lembaga tersebut akan membuat nasabah yakin untuk menggunakan semua layanan bank syariah.

Adanya mitigasi risiko

Dengan adanya mitigasi risiko yang baik tentunya bisa mengantisipasi sesuatu yang terjadi di luar rencana. Ditambah bank syariah lebih selektif dalam setiap transaksi yang ada memastikan semuanya memperoleh keuntungan yang adil.

Terdapat nilai sosial

Setiap investasi syariah terdapat sebuah nilai sosial, maksudnya adalah bisa bermanfaat untuk semua pihak mulai dari pemberi dan penerima dana serta lingkungan sekitar. Cerminan ini menjadi sangat penting karena bukan hanya untuk kepentingan dunia, tetapi juga bekal untuk di akhirat.

Selain investasi dalam bentuk deposito, ada juga investasi tabungan emas syariah yang juga bisa menguntungkan dan aman. Apalagi dengan nilai emas yang semakin lama semakin tinggi membuat investasi ini juga banyak dicari orang.