Tips Bijak Memakai Promo Kartu Kredit agar Tidak Merugikan

Kehadiran kartu kredit atau credit card saat ini menjadi kebutuhan yang semakin dicari oleh berbagai kalangan menengah ke atas. Untuk menarik lebih banyak jumlah penggunanya, tidak jarang penyedia CC menawarkan promo kartu kredit, baik dalam bentuk cashback, diskon, dan sebagainya.

Memakai promonya memang memberikan keuntungan. Anda dapat membayar biaya yang lebih murah, menerima cashback, atau mendapat kesempatan bonus tambahan yang bisa Anda gunakan di lain waktu. Penawaran-penawaran promo yang diberikan penyedia kartu kredit memang menggiurkan, hanya saja Anda harus tetap bijaksana dalam memanfaatkannya.

Bagi Anda yang masih kesulitan memanfaatkan promonya sehingga menggunakannya terlalu berlebihan, berikut beberapa tips bijak yang perlu Anda terapkan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan
Anda pasti sudah tahu kalau menggunakan kartu kredit sangatlah mudah. Anda dapat memakainya di mesin EDC atau pun melalui online. Meskipun bisa bertransaksi dengan sangat mudah hanya dalam 1 genggaman saja, Anda pun perlu berlaku bijak saat membelanjankannya.

Biasanya penggunaan promo kartu kredit dipakai saat akan memesan tiket transportasi liburan, booking hotel, dan lainnya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda mana yang lebih diprioritaskan agar manfaatnya benar-benar Anda rasakan menguntungkan.

Jangan Memakai Terlalu Berlebihan
Seperti yang sudah sempat dijelaskan sebelumnya, Anda perlu menyesuaikan penggunaan promo dari kartu kredit yang Anda gunakan dengan kebutuhan yang lebih diprioritaskan. Kontrol penggunaannya agar tagihan yang diberikan tidak terlalu menumpuk. Sudah pasti semakin banyak tagihan yang Anda terima, maka akan semakin keteteran Anda bayarkan nanti. Apalagi kalau keuangan bulanan Anda sudah cukup terbatas.

Selain itu, perlu Anda ketahui jika setiap kartu kredit memiliki limit tertentu. Limit tersebut digunakan sebagai pembatasan jumlah nominal berapa yang dapat Anda pakai saat bertransaksi. Anda yang memakainya terlalu berlebihan hingga over limit, maka Anda akan semakin direpotkan untuk membayar tagihan sebelumnya terlebih dahulu.

Gunakan Di saat yang Tepat
Dalam memanfaatkan promo kartu kredit, Anda harus memastikan kalau Anda menggunakannya di saat yang tepat. Terkadang orang langsung sembarangan memakainya ketika ada penawaran promo yang menarik sampai lupa diri untuk memborosakannya sekaligus.

Agar tidak boros-boros, ada baiknya Anda membuat sebuah daftar kecil yang berisikan kebutuhan yang lebih penting Anda beli. Pastikan Anda sudah mempertimbangkannya dengan matang agar Anda tidak menyesal dan merugi setelah memakai promonya.

Misalnya saja Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Masukan ke dalam daftar yang lebih penting dan gunakan promo credit card yang Anda miliki agar waktu kebersamaan kalian lebih menyenangkan. Jika Anda bijak menggunakannya di saat yang tepat, Anda akan mendapatkan keuntungannya tanpa ada beban tagihan yang mencekik.

Dapatkan Update Promo secara Rutin
Penyedia kartu kredit atau bahkan e-commerce tentunya memberikan promo yang menarik di setiap waktunya. Agar Anda tidak ketinggalan penawaran menarik yang menguntungkan kebutuhan Anda, tidak ada salahnya secara rutin update terus promo-promo yang mereka berikan.

Tentunya setiap waktu mereka menawarkan promo yang berbeda-beda, baik itu diskon spesial akhir tahun, cashback setiap pembelian dengan jumlah tertentu, dan sebagainya. Agar Anda dapat lebih menikmati promonya, ada baiknya update promonya tanpa memikirkan tagihan yang terlalu mencekik.

Hati-hati dengan Cicilan 0%
Tidak jarang marketplace atau penyedia kartu kredit memberikan penawaran promo cicilan 0%. Penawaran tersebut jangan langsung Anda percayai karena sebagian di antaranya ada yang menipu tagihan Anda nantinya. Biasanya toko akan sengaja memberikan harga yang lebih tinggi saat Anda akan menggunakan kartu kredit.

Tapi jika Anda hitung-hitung kembali, maka biaya yang dikeluarkan akan sama saja kalau Anda tidak menggunakan promo tersebut. Maka dari itulah, pastikan Anda sudah membandingkan tiap-tiap tokonya agar tidak tertipu penawaran promo cicilan 0%-nya.

Pastikan Anda memanfaatkan promo kartu kredit dengan bijak. Jika Anda terlalu berlebihan, utang tagihan Anda akan terasa semakin mencekik dan Anda pun akan semakin keteteran untuk membayarnya.