Tips Membacakan Dongeng Cerita Rakyat Untuk Buah Hati Tercinta

Membacakan dongeng memang menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dipilih oleh orang tua terutama sebelum tidur. Ada banyak jenis dongeng yang bisa anda bacakan untuk buah hati tercinta anda. Salah satunya adalah dongeng cerita rakyat. Membacakan dongeng tidak hanya sebagai sarana untuk hiburan saja tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan kecerdasan buah hati anda.

Untuk itulah, sebagai para orang tua yang baik, anda juga diwajibkan untuk sesekali membacakan dongeng kepada anak anda secara rutin. Terutama sebelum anak anda tidur. Pasalnya dengan cara ini maka akan membuat anak anda semakin rileks dan tenang.

Tips membacakan dongeng cerita rakyatt

Tips membacakan dongeng cerita rakyat

Walaupun terdengar mudah, tetapi untuk membacakan dongeng cerita rakyat terkadang anak-anak juga tidak tertarik. Disinilah, para orang tua memang tidak boleh menyerah begitu saja untuk membuat anak bisa tertarik mendengarkan dongeng anda. Untuk anda yang ingin membacakan dongeng kepada anak, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan.

1. Memilih cerita yang baik dan memahaminya

Agar anak anda tertarik dengan dongeng yang akan anda bacakan maka sebaik mungkin anda tidak boleh memilih cerita sembarangan. Pastikan apabila anda memilih cerita yang berkualitas dengan tema sederhana sehingga anak-anak bisa memahami dengan mudah maksud dari cerita tersebut.

Tidak hanya itu saja, sebaiknya para orang tua juga bisa mempertimbangkan untuk memilih buku dongeng yang dilengkapi dengan gambar dan berwarna. Orang tua juga wajib untuk memilih buka yang mempunyai pesan moral di dalamnya dan memfilter kata-kata yang ada di dalamnya.

2. Cobalah untuk mempelajari setiap karakter di dalam dongeng

Selanjutnya para orang tua juga bisa mempelajari setiap karakter yang terdapat di dalam dongeng tersebut. Hal ini sangat penting karena untuk menentukan ekspresi maupun intonasi suara ketika anda sedang membacakan cerita.

Seperti apakah ekspresi anda ketika tengah membacakan cerita ternyata akan mempengaruhi bagaimana ketertarikan dan antusiasme anak ketika sedang mendengar cerita.

3. Lakukan kontak mata dan fisik dengan anak agar lebih menarik

Selama anda membacakan cerita pada anak anda, maka anda tidak boleh hanya focus kepada buku saja. Anda wajib untuk melakukan kontak mata kepada anak-anak agar bisa berkonsentrasi terhadap cerita yang anda bacakan.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa melakukan kontak fisik dengan buah hati anda. Hal ini bisa menambah kedekatan anda dengan buah hati tercinta. Jangan sampai anda terlalu focus terhadap bacaan di depan anda hingga lupa dengan anak anda.

4. Memanfaatkan alat bantu

Agar anak-anak semakin tertarik dengan cerita yang anda bawakan maka anda bisa langsung memanfaatkan alat bantu. Anda bisa juga menggunakan boneka ketika sedang menceritakan isi cerita maupun untuk membedakan setiap karakter. Cara ini juga semakin membuat anak-anak betah untuk mendengarkan dongeng cerita rakyat yang anda bawakan tersebut. Mereka juga bisa dengan mudah membedakan setiap karakter didalamnya.

5. Jangan lupa melibatkan anak ketika mendongeng

Terakhir, jangan sampai lupa untuk melibatkan anak anda ketika tengah membaca dongeng. Seperti anda bisa meminta anak anda untuk menebak seperti apakah alur cerita selanjutnya ataukah memberikan pertanyaan yang lainnya. Dengan begini, maka anak anda akan tetap aktif

Membacakan cerita dongeng memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu mengasah kemampuan yang dimiliki oleh anak anda. Jika anda tengah mencari dongeng cerita rakyat, Dancow.co.id bisa menjadi pilihan terbaik.