Berikut Ini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Kulit wajah dengan pori-pori kecil tentunya menjadi dambaan setiap orang. Karena dengan pori-pori wajah kulit yang kecil akan terhindar dari berbagai permasalahan kulit, seperti timbulnya jerawat. Lalu bagimana cara mengecilkan pori-pori wajah? Untuk lebih jelasnya marik kita simak ulasannya.

Pori-Pori Wajah

1. Masker Pisang Dan Bubuk Kunyit

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang pertama adalah menggunakan masker pisang dan bubuk kunyit. Buah pisang kaya akan antioksidan, potasium, serta vitamin E. Sehingga buah pisang mempunyai banyak manfaat, yang salah satunyab adalah dapaty menjadikan kulit lebih cerah dan lembab. Selain itu juga, kandungan lektin di buah pisang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan untuk kunyit sendiri merupakan tanamn obat yang memang telah dipercaya dapat mengatasi beragam permasalahan kulit, seperti kulit kusam dan juga jerawat. Berikut ini cara membuat masker dari buah pisang dan bubuk kunyit :
– Langkah pertama, haluskan satu buah pisang dan tambahkan setengan sendok makan soda kue, setangah makan bubuk kunyit. Kemudian aduk hingga tercampur dengan rata.
– Cucilah wajah hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Lalu, oleskan masker ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas dan diamkan selama 10-15 menit.
– Setelah itu, bilas masker dengan air sura-suran kuku (tanpa menggunakan sabun lagi). Lalu, keringkan dan aplikasikan pelembab setelahnya.
– Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini maksimal senbanyak 2-3 kali seminggu untuk menghindarai wajah jadi terlalu kering.

2. Kulit Jeruk

Untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah secara alami anda bisa menggunakan kulit jeruk. Karena pada kulit jeruk ini terdapat banyak kandungan vitamin C dibandingkan dengan buahnya. Untuk mendapatkan manfaat kulit jeruk ini anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut :
– Pertama-tama jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering
– Kemudian tumbuk kulit jeruk hingga halus
– Campurkan air secukupnya hingga berbentuk pasta
– Setelah itu, oleskan pada wajah anda yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu
– Biarkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat

3. Pepaya

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan pepaya. Hal ini dikarenakan pada pepaya terdapat kandungan enzim papain yang bisa membantu untuk meregenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E pada pepaya ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk membantu menutrisi serta melembapkan kulit wajah anda. Bukan hanya itu, dengan menggunakan buah pepaya ini juga bisa menghilangkan kulit mati, serta kotoran yang menempel pada wajah. Yang menariknya, buah pepaya ini juga bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah anda. Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut ini :
– Pertama kupas dan potong pepaya
– Lalu tumbuk pepaya hingga halus
– Gunakan sebagai masker wajah
– Diamkan selama 30 menir
– Dan bilas wajah anda menggunakan air bersih

4. Lemon

Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya adalah lemon. Karena lemon ini banyak mengandung anti-oksidan serta vitamin C. Bukan hanya itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Yang menariknya, lemon ini juga bisa mengecilkan pori-pori wajah. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
– Pertama potong buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya
– Kemudian oleskan air perasan lemon tersebut pada wajah anda
– Diamkan selama kurang lebih 15 menit